Skip to main content

Gara: Bahasa pemrograman pertama berbahasa Indonesia

ยท 2 min read
Adam Notodikromo

Memprogram adalah latihan mengasah cara berfikir. Diusianya yang masih muda, belajar memprogram sejak dini akan sangat menguntungkan bagi anak-anak. Mereka akan diajak berfikir kritis dan logis, serta eksploratif.

Namun, ada beberapa kendala yang umum ditemui:

  • Belajar memprogram itu susah & rumit
  • Belajar memprogram itu mahal
  • Belajar memprogram itu butuh guru

Masalah utama adalah susahnya belajar memprogram. Umumnya, siswa perlu untuk menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum mereka bisa belajar memprogram. Hal ini menyebabkan siswa Indonesia telat dalam hal praktek teknologi dibandingkan dengan negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Yang kedua adalah mahalnya belajar pemrograman. Siswa perlu membeli buku-buku bahasa Inggris, perlu les bahasa Inggris, dan juga memerlukan laptop. Bagaimana jika siswa bisa belajar pemrograman dari warung internet, atau dari komputer di perpustakaan? Bagaimana kita bisa membuat proses pembelajaran semudah mungkin?

Juga, umumnya belajar memprogram itu membutuhkan guru. Misal, jika program bermasalah, kita perlu tanya guru apa arti masalah tersebut.

Karena itulah Gara diciptakan.

Bayangkan jika terdapat bahasa pemrograman berbahasa Indonesia. Bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk anak-anak, dan digunakan oleh orang Indonesia pada umumnya. Bahasa pemrograman yang tidak mengharuskan penggunanya untuk mahir bahasa Inggris terlebih dahulu. Bahasa pemrograman dengan istilah dan berbagai pesan eror dalam bahasa Indonesia.

Bahasa pemrograman yang bisa dijangkau oleh semua.

gara-header

Gara adalah bahasa untuk kamu. Baik untuk belajar algoritma, untuk uji coba dan eksplorasi, atau untuk membuat sistem web yang scalable. Gara bertekad memberikan arena untuk kamu menuangkan kreatifitasmu. Dilengkapis dengan berbagai fitur modern, dan sintaksis yang dinamis.

Tentu, Gara masihlah sangat muda saat ini. Masih banyak yang perlu dibuat dan dilengkapi. Kita akan terus mengejar ketertinggalan tersebut, tentu itu semua perlu dukungan dari anda.

Banyak bagian dari Gara yang, pada saat ini, belum terdokumentasikan melalui situs ini. Anda dapat melihat apa-apa saja kemampuan Gara, dan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh Gara melalui spesifikasi dalam repo ini.

Mari kita belajar dan bekerja sama untuk menciptakan Indonesia yang maju.

Salam dari Gara, dan salam dari kami semua.