Skip to main content

Daftar kata kunci

Kata kunciArti
absยนMenandakan bahwa kelas bersifat abstrak (tidak bisa diinisialisasi)
adaPerintah untuk membuat suatu variabel, atau variabel instansi dalam kelas
benarNilai logika yang merepresentasikan pemenuhan syarat
cobaMengawali blok coba-tahan-lalu untuk mencoba suatu kode yang dapat bermasalah
dariMelakukan iterasi, mirip for pada bahasa Java, C, C++
fanaJika disematkan pada variabel statis, berarti nilai variabel statis tersebut dapat diubah.
fnLiteral untuk membuat suatu fungsi, atau metode dalam kelas
fNaNNilai riil yang merepresentasikan bukan angka (Not a Number)
fAnantaNilai riil yang merepresentasikan nilai tak terhingga/infinity
galurยนMembuat sebuah galur komunikasi, seperti chan pada bahasa Golang
halยนMelakukan pengondisian, mirip switch pada bahasa Java, C, C++
iniMereferensi instansi suatu objek dari dalam kelas, seperti this pada Java
ituMengecek apakah suatu objek adalah instansi dari suatu kelas, seperti instanceof pada Java
jikaMelakukan pengondisian, mirip if pada bahasa Java, C, C++
kelasPernyataan untuk membuat ataupun memperkaya suatu kelas
kelakยนMenjalankan fungsi secara asynchronous
lainMenambahkan cabang pada suatu ekspresi kondisi, mirip else pada bahasa Java, C, C++
laluBagian lalu dari blok coba-tahan-lalu yang selalu dieksekusi saat ada ataupun tidak adanya masalah
lemparMelempar suatu masalah
lewatMelewati suatu iterasi
modulยนMembuat atau memperkaya suatu modul
nilNilai yang menandakan ketiadaan nilai
pribadiMengawali blok dimana fungsi atau variabel instansi dalam blok tersebut bersifat pribadi, mirip private pada bahasa Java dan C++
puncaUntuk memanggil fungsi dengan nama dan argumen yang sama yang terdefinisikan di kelas punca
putusUntuk keluar dari suatu iterasi
salahNilai logika yang merepresentasikan pengabaian syarat
selamaMelakukan iterasi, mirip while pada bahasa Java, C, C++
sisipยนUntuk menyisipkan fungsi-fungsi dari suatu modul sebagai metode dari suatu kelas dimana modul tersebut disisipkan
staPenanda bahwa suatu aripicu atau variabel bersifat statis, mirip static pada Java
tahanBagian tahan dari blok coba-tahan-lalu yang akan dieksekusi jika ada masalah yang tertahan
tetapยนPenanda bahwa suatu kelas bersifat tetap, tidak dapat diperkaya ataupun dijadikan turunan, mirip final pada Java. Jika disematkan pada variabel statis, berarti nilai variabel tersebut tidak bisa diubah setelah didefinisikan
tuntutMemastikan bahwa tuntutan bernilai benar atau suatu masalah akan dilempar, mirip assert pada Java
usaiยนMengeksekusi suatu aripicu sebelum kontrol keluar dari suatu aripicu yang sedang dieksekusi
utusMengembalikan suatu nilai dari suatu aripicu, mirip return pada Java, C, C++

Catatan:

ยน Belum diimplementasikan pada versi Gara saat ini, masih hanya dicadangkan untuk meminimalisir bentrok penggunaan dengan Gara di versi yang akan datang jika kata kunci tersebut dijadikan pengenal aripicu ataupun variabel.